Breaking News

Teori Rational-Emotive Behavior Therapy

Teori Rational-Emotive Behavior Therapy

a.       Pengertian Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT)
Teori Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT) adalah teori behavior kognitif yang menekankan pada keterkaitan anatara perasaan, tingkah laku dan pikiran. Teori Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT) dikembangkan oleh Albert Ellis melalui beberapa tahapan. Pandangan dasar teori ini tentang manusia adalah bahwa individu memiliki tendensi untuk berpikir irasional yang salah satunya didapat melalui belajar social. Disamping itu, individu juga memiliki kapasitas untuk belajar kembali untuk berpikir rasional. Pendekatan ini bertujuan untuk mengajak individu untuk mengubah pikiran – pikiran irasionalnya ke pikiran yang rasional melalui teori GABCDE.
b.      Sejarah Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT)
Pada awalnya teori ini disebut Rational Therapy (RT), kemudian Ellis mengubahnya menjadi Rational-Emotive (RET) pada tahun 1961. Pada tahun 1993, dalam Newsletter yang dikeluarkan oleh the Institute for Rational Emotive Therapy, Ellis mengumumkan bahwa ia mengganti nama Rational Emotive Therapy menjadi Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT).
Menurut Ellis, rasionalitas individu bergantung pada penilaian individu berdasarkan keinginan atau pilihannya atau berdasarkan emosi dan perasaannya. Ellis memperkenalkan kata behavior (tingkah laku) pada teori Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT) dengan alas an bahwa tingkah laku sangat terkait dengan emosi dan perasaan.
c.       Konsep Dasar
-          Asumsi Dasar
Ellis mengatakan bahwa beberapa asumsi dasar REBT yang dapat dikategorisasiakn pada beberapa postulat, antara lain :
o   Pikiran, perasaan dan tingkah laku secara berkesinambungan saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain
o   Gangguan emosional disebabkan oleh factor biologi dan lingkungan
o   Manusia dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungan sekitar dan individu juga secara sengaja mempengaruhi orang lain disekitarnya
o   Manusia menyakiti diri sendiri secara kognitifemosional dan tingkah laku. Individu sering berpikir yang menyakiti diri sendiri dan orang lain
o   Ketika hal yang tidak menyenangkan terjadi, individu cenderung menciptakan keyakinan yang irasional tentang kejadian tersebut
o   Kejadian irasional menjadi penyebab gangguan kepribadian individu
o   Sebagian beasr manusia memiliki kecenderungan yang besar untuk membuat dan mempertahankan gangguan emosionalnya
o   Ketika individu bertingkah laku yang menyakiti diri sendiri
-          Proses Berpikir
Ellis berpendapat bahwa yang menjadi sumber terjadinya masalah – masalah emosional adalah evaluative belief yang dikenal dalam istilah Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT) adalah irrational belief yang dapat dikategorikan menjadi empat yaitu :
o   Demands ( tuntutan )
o   Awfulising
o   Low frustration tolerance (LFT)
o   Global evaluation of human worth
-          Teori ABC
Teori ABC adalah teori tentang kepribadian individu dari sudut pandang teori Rational-Emotive Behaviot Therapy (REBT), kemudian ditambahkan D dan E untuk mengakomodsi perubahan dan hasil yang diinginkan tersebut. Selanjutnya ditambahkan G yang diletakkan di awal untuk memberikan konteks pada kepribadian individu  :
G :
(goals) atau tujuan – tujuan, yaitu tujuan fundamental
A :
(activating events in a person’s life) atau kejadian yang mengaktifkan atau mengakibatkan individu
B :
(beliefs) atau keyakinan baik rasional maupun irasional
C :
(consequences) atau konsekuensi baik emosional maupun tingkah laku
D :
(disputing irrational belief) atau melakukan dispute pikiran irasional
E :
(effective new philosophy of life) atau mengembangkan filosofi hidup yang efektif
F :
(further action/new feeling) atau aksi yang akan dilakukan lebih lanjut dan perasaan baru yang dikembangkan

Contoh episode emosional yang cenderung salah menginterpretasikan kejadian dan mengakibatkan masalah
A1
Activating event – apa yang terjadi
“Saya bertemu teman dijalan, tetapi ia tidak menyapa saya”
A2
Inferences about what happene
“Dia mengacuhkan saya, dia membenci saya”
B
Belief about A
“Saya tidak berharga sebagai teman, maka saya adalah orang yang tidak berharga”
C
Reaksi:
Emosi : depresi
Tingkah laku : menghindari orang – orang (Froggatt,2005,p.1)

d.      Tujuan Konseling
Tujuan utama konseling dengan teori Rational-Emotive Behvior Therapy (REBT) adalah membantu individu menyadari bahwa mereka dapat hidup dengan lebih rasional dan lebih produktif. Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) mengajarkan individu untuk mengoreksi kesalahan untuk mereduksi emosi yang tidak diharapkan serta mengubah kebiasaan berpikir dan tingkah laku yang merusak diri.
e.      Peran dan Fungsi Konselor
Peran konselor dalam pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah :
·         Aktif – direktif, yaitu mengambil peran lebih banyak untuk memberikan penjelasan terutama pada awal konseling
·         Mengkonfrontasi pikiran irasional konseli secara langsung
·         Menggunakan berbagai teknik untuk menstimulus konseli untuk berpikir dan mendidik kembali diri konseli sendiri
·         Secara terus menerus ‘menyerang” pemikiran irasional konseli
·         Mengajak konseli untuk mengatasi masalahnya dengan kekuatan berpikir bukan emosi
·         Bersifat didaktif
f.        Teknik – Teknik Konseling
Teknik konseling dengan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu :
o   Teknik kognitif
Adalah usaha untuk mengubah keyakinan irasional konseli melalui philosophical persuation, didactic presentation, Socratic dialoge, vicarious experiences, dan ekspresi verbal lainnya.
o   Teknik imageri
Strategi imaginal disputation melibatkan penggunaan imageri.setelah melakukan dispute secara verbal, konselor meminta konseli membayangkan dirinya kembali pada situasi yang menjadi masalah dan melihat apakah emosinya telah berbuat.
o   Teknik Behavioral

Behavioral dispute atau risk taking, yaitu member kesempatan kepada konseli untuk mengalami kejadian yang menyebabkannya berpikir irasional dan melawan keyakinan tersebut

No comments